Review Pintu : All In One Crypto App Terbaik di Indonesia

Review Pintu All In One Crypto App Terbaik di Indonesia

Inflasi yang kian meroket di 2024 ini membuat Anda harus mencari instrumen investasi yang bisa mengimbanginya. Crypto pun menjadi solusi terbaik, terutama jika Anda menggunakan Pintu. Para investor memilih crypto seperti Bitcoin sebagai instrumen investasi karena ketersediaan koin yang hanya 21 juta saja. Secara teori, hal ini membuat Bitcoin mampu mengimbangi inflasi. Belum lagi, Bitcoin kerap memiliki masa bull run yang panjang sehingga membuatnya aman.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Media Promosi? Panduan Lengkap

Investasi crypto menjadi lebih mudah lagi dengan kehadiran aplikasi Pintu sebagai platform untuk jual beli dan menyimpan aset kripto. Memiliki konsep all in one crypto app, seperti apa kelebihan dan fitur-fitur Pintu ini? Sejauh mana Pintu bisa memudahkan penggunanya untuk investasi crypto? Berikut ini kami memberikan ulasan tentang bagaimana trading crypto secara mudah dengan app Pintu secara lengkap dalam Review Pintu : All In One Crypto App Terbaik di Indonesia

Review Pintu : All In One Crypto App Terbaik di Indonesia

Apa Itu Trading Crypto?

Trading crypto adalah cara untuk memperoleh keuntungan dari dunia cryptocurrency. Trader akan melakukan jual beli aset mata uang digital yang ada di pasar crypto. Akses jual beli para investor bisa dilakukan melalui platform exchange seperti Pintu.

Komponen Utamanya

Pasar crypto  memiliki volatilitas yang cukup tinggi oleh karena itu Anda perlu memahami komponennya untuk mengatasi risiko kerugian. 

Berikut ini beberapa komponennya:

  1. Cryptocurrency: mata uang yang menggunakan teknologi kriptografi seperti Bitcoin (BTC) Ethereum (ETH), Tether (USDT), Solana (SOL), dll.
  2. Teknologi blockchain: ledger digital terdesentralisasi untuk mencatat semua transaksi kripto. 
  3. Cryptocurrency Exchange: platform perdagangan yang memberikan fasilitas layanan jual beli crypto seperti Pintu.

Proses Transaksi Jual Beli dalam Trading 

Cara transaksi jual beli crypto sangat mudah, Anda bisa mulai dengan mendaftarkan diri ke cryptocurrency exchange seperti Pintu. Di platform Pintu Anda bisa menemukan 100 aset crypto lebih yang kemudian bisa dibeli kemudian dijual ketika harganya meningkat. Selisih harga beli dan jual aset crypto inilah yang akan menjadi keuntungan Anda dalam trading. Pastikan untuk berhati-hati dalam membeli aset. 

Pergerakan harga aset tergolong cepat sehingga Anda harus mengambil keputusan dengan tepat. Untungnya Pintu menghadirkan banyak fitur untuk melihat kinerja aset. Anda bisa mengecek history transaksi, proyeksi probabilitas jual beli di masa depan dan informasi lainnya. Namun, perlu diingat bahwa keputusan transaksi tetap di tangan Anda. 

Review Pintu All In One Crypto App Terbaik di Indonesia

Apa Itu Pintu & Seberapa Aman? & Keunggulannya 

Pintu merupakan cryptocurrency exchange platform yang sudah berdiri sejak 1 April 2020. Pintu terus tumbuh dan berkembang dan setelah 4 tahun jumlah transaksi mencapai 250%. Perkembangan Pintu tidak terlepas dari inovasi dan kelengkapan yang disediakan. Hingga saat ini Pintu memiliki lebih dari 100 aset crypto yang bisa diperdagangkan trader. 

Keamanan pun turut dihadirkan, Pintu memiliki sistem Fireblocks yaitu infrastruktur yang aman untuk menyimpan, memindahkan dan mengeluarkan aset. Selain itu Pintu juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Kepatuhannya pada regulasi pemerintah ini membuatnya semakin aman. 

Keunggulan Pintu tidak sampai disitu saja. Pintu menyediakan berbagai jenis akun yang bisa dipilih sesuai keterampilan trader atau kebutuhan.Pintu juga menyediakan fitur terlengkap seperti Earn, PTU Staking, Pintu Auto DCA, hingga Pintu Web3. 

Apa Itu  Pintu Web3 Wallet?

Pintu Web3 Wallet adalah crypto wallet yang memudahkan trader atau pengguna untuk mengakses aplikasi dan mengelola aset secara aman. Baik itu pengelolaan aset crypto maupun NFT yang tersedia di Pintu. 

Pintu juga menjadi platform pertama yang menyediakan dompet kripto dengan tambahan fitur seperti trading, DApp, staking, airdrop hunting, gaming dan NFT. Airdrop hunting menjadi kesempatan terbesar untuk bisa mencari token sebelum proyek dirilis. 

Di Pintu Web3 Wallet Anda bisa melakukan airdrop hunting langsung pada beberapa proyek yang potensial seperti Kinza Finance, Hyperliquid, hingga Io.net. 

Berikut ini sebagai contoh langkah untuk hunting airdrop di Kinza Finance:

  1. Anda bisa langsung masuk ke https://app.kinza.finance/#/ dan menghubungkan ke Pintu Web3 melalui WalletConnect. 
  2. Pilih langsung aset crypto yang ingin disetorkan dan klik ‘Supply’. 
  3. Masukkan jumlah aset dan konfirmasi transaksinya di Pintu Web3 Wallet. 
  4. Setelah berhasil, Anda bisa pilih ‘Borrow’ di kanan layar dan masukkan jumlah yang hendak dipinjam. 
  5. Konfirmasi transaksinya kembali di Pintu Web3 Wallet. 
  6. Jika sudah berhasil, Anda bisa melunasi dengan klik ‘Repay’ dan masukkan jumlah maksimalnya. 

Setiap kali transaksi Anda akan mendapat poin yang nantinya menjadi petunjuk banyaknya airdrop yang diperoleh. Perhitungannya, misalnya Anda memiliki 100 dollar AS yang didepositkan dalam 1 hari maka akan menghasilkan 1 poin. 

Apa itu crypto wallet?

Crypto wallet merupakan perangkat lunak untuk menyimpan kunci pribadi yang juga dilengkapi kata sandi agar pengguna bisa mengakses aset dengan lebih aman. Selain menyimpan, crypto wallet juga memungkinkan pengguna mengirim atau menerima aset crypto dengan cepat.

Mengapa crypto wallet penting?

Seluruh aset crypto akan disimpan di dalam blockchain dan untuk mengaksesnya Anda membutuhkan kata kunci pribadi. Kata kunci inilah yang akan disimpan ke dalam dompet crypto untuk menghindari kemungkinan Anda lupa dengan kata kunci mengakses blockchain. 

Jadi, perannya sangat penting untuk mengamankan kata kunci di saat Anda lupa sehingga akses pun tetap aman. Demi meningkatkan keamanan dompet kripto, Pintu menyediakan perlindungan teknologi MPC yaitu membagi kunci ke beberapa bagian. Anda juga akan mendapat pemberitahuan ketika muncul transaksi yang berisiko penipuan. Semua rincian transaksi juga bisa dilihat melalui preview transaksi. 

Jenis Jenis crypto wallet

Crypto wallet terdiri dalam berbagai jenis baik itu perangkat keras seperti memori USB tetapi ada juga yang berupa aplikasi seluler. Pintu menyediakan dompet kripto dalam bentuk aplikasi seluler yang menjadi fitur di dalam platformnya. 

Apa Itu  Pintu Earn dan Apa Saja Fiturnya?

Pintu Earn merupakan salah satu layanan dari Pintu yang fungsinya sama seperti menabung. Anda akan mendapat keuntungan dari aset crypto yang disimpan. Terdiri dari beberapa jenis dan yang pertama adalah Flexi Earn. Fitur ini membuat semakin lama penyimpanan tentu bunga yang didapatkan akan berkali lipat. 

Aset crypto yang disimpan juga bisa ditarik kapan saja jadi Anda tidak perlu khawatir. Pembayaran bunga tinggi akan didapatkan setiap jamnya dalam Flexi Earn.Ada juga Locked Earn yang konsepnya seperti deposito, di mana Anda akan mendapat bunga lebih tinggi dan bunga akan diinvestasikan terus kembali. 

Anda bisa memilih untuk menggunakan Locked Earn dalam 30 hari atau 90 hari. Bunga dalam Pintu Earn bisa mencapai 14,1% dan bunga ini bisa terus bertambah dengan adanya investasi ulang baik modal dan bunga. 

Apa Itu  Pintu PTU Staking dan Apa Manfaatnya?

Pintu PTU Staking adalah Pintu Token dari aplikasi Pintu secara pribadi yang bisa Anda beli. PTU ini bisa di staking sehingga Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. PTU staking adalah mengunci aset crypto di jaringan blockchain dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan uang non tunai. 

Jadi, tanpa harus melakukan transaksi Anda bisa mendapatkan keuntungan sekaligus hadiah dan bunga atas saham yang ada di PTU. Bonus referral yang didapatkan dalam PTU stakin bisa mulai dari 5% hingga 35% yang masih ditambah dengan bunga 1% hingga 12% tergantung level Anda.

Menariknya lagi Anda bisa menarik crypto ke wallet eksternal secara gratis. Jadi tidak perlu lagi dengan biaya gas yang biasa ada saat penarikan aset crypto. 

Mengenal Pintu Auto DCA

Pintu Auto DCA (Dollar Cost Averaging) adalah pembelian aset kripto secara rutin dengan dana tetap dalam periode tertentu yang telah ditetapkan. Anda bisa menginvestasikan pembelian dalam jumlah sama dalam periode tertentu baik itu mingguan maupun bulanan. 

Istilahnya Anda akan menabung dengan rutin dengan sistem auto debet, hanya saja pendebetan dilakukan dengan pembelian aset crypto yang telah ditentukan. Kunci untuk bisa mendapat keuntungan dari fitur ini adalah penentuan rupiah yang digunakan untuk membeli aset crypto dan rentang waktunya 

Berkat fitur ini Anda tidak perlu lagi membeli aset crypto secara manual setiap harinya. Anda bisa fokus untuk bekerja dengan investasi tetap berjalan. 

Apa Itu Pintu Pro?

Pintu juga menyediakan akun khusus untuk para trader profesional yang ingin mendapatkan analisis lebih detail, terkini sehingga meraih keuntungan tertinggi. Pintu Pro memiliki tools canggih seperti order book terpusat yang memiliki pilihan time in force berdasarkan eksekusi yang lebih komprehensif. 

Anda juga akan mendapatkan grafik candlestick canggih secara real time untuk memudahkan pengamatan pergerakan harga per level trading. Pintu Pro juga menyajikan dashboard all in one namun tetap user friendly untuk meningkatkan pengalaman trading dengan memantau portofolio lebih mudah. 

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasinya?

Anda yang ingin memulai aktivitas sebagai trader harus memiliki aplikasi Pintu terlebih dahulu. Baru setelah itu mendaftar untuk membuat akun dan mulai jual beli aset. Aplikasinya tersedia secara gratis baik di Play Store atau App Store tergantung dengan jenis perangkat yang Anda miliki. Berikut ini step by step untuk menggunakannya. 

Review Pintu All In One Crypto App Terbaik di Indonesia

Cara Download Aplikasi Pintu

Buka perangkat smartphone Anda dan akses Play Store atau App Store. Baru ikuti langkah berikut ini:

  1. Pada menu pencarian ketik Pintu dan klik tombol ‘Search’ atau ‘Cari’. 
  2. Saat muncul menu aplikasinya klik langsung ‘Instal’. 
  3. Tunggu sampai proses unduhan selesai baru Anda bisa membuka aplikasinya. 

Cara Verifikasi

Pendaftaran akan langsung dimulai hingga langkah verifikasi setelah Anda membuka aplikasi Pintu sebagai berikut:

  1. Klik ‘Daftar’.
  2. Anda bisa memilih akun Google, Apple ID atau masukkan email secara manual. 
  3. Verifikasi email akan dilakukan dengan cara klik pesan masuk dari Pintu di email
  4. Selesai. 

Cara KYC

Masih ada satu step lagi verifikasi lagi yaitu KYC (Know Your Customer) dengan kartu identitas pribadi yaitu:

  1. Buka aplikasi Pintu dan klik ‘Verifikasi Sekarang’. 
  2. Ketik nomor hp dan pilih verifikasi OTP melalui SMS/ WA/ Telegram.
  3. Klik tipe ID yang tersedia KTP atau SIM atau Paspor/ KITAS/ KITAP. 
  4. Upload foto KTP dan foto selfie sambil memegang KTP. 
  5. Terakhir, ketik nomor KTP, nama lengkap dan tanggal lahir. 

Proses verifikasi ini akan berhasil dalam 5 menit jika semua data benar dengan foto jelas. 

Kesimpulan

Investasi yang menguntungkan selalu berbanding lurus dengan risiko yang ada tidak terkecuali trading crypto. Anda harus mempertimbangkan banyak aspek seperti volume trading, kapitalisasi market, dan tempat untuk menyimpan aset yang aman. 

Pintu memudahkan segala hal dalam trading crypto baik dari segi keamanan hingga fitur yang lengkap. Jadi, akan sangat aman jika Anda memulainya langsung di Pintu. Yuk instal sekarang untuk mengetahui seberapa banyak keuntungan dan fitur yang bisa Anda dapatkan. Semoga dengan Review Pintu : All In One Crypto App Terbaik di Indonesia menjadikan kita semua bisa memahami apa itu kripto dan bagaimana cara tradingnya.

Disclamer
Artikel ini dirancang untuk memberikan informasi edukatif mengenai dunia kripto dan tidak dimaksudkan sebagai ajakan atau jaminan keuntungan finansial instan. Harap diingat bahwa perdagangan cryptocurrency melibatkan risiko tinggi. Penting untuk melakukan riset mendalam (DYOR) dan mempelajari informasi dengan cermat sebelum membuat keputusan. Selalu pertimbangkan dengan bijaksana setiap langkah yang diambil.

Frequently Asked Questions (FAQ) tentang Aplikasi Pintu

Apa itu Pintu?

Pintu adalah platform jual beli dan penyimpanan aset kripto (cryptocurrency exchange) yang berdiri sejak 1 April 2020.

Mengapa crypto dianggap sebagai solusi investasi di tengah inflasi?

Crypto, seperti Bitcoin, memiliki jumlah koin terbatas (21 juta) yang secara teori dapat mengimbangi inflasi.

Apa keunggulan utama Pintu?

Pintu All In One Crypto App Terbaik di Indonesia dengan fitur lengkap seperti Earn, PTU Staking, Auto DCA, dan Web3 Wallet.

Bagaimana keamanan platform Pintu?

Pintu menggunakan sistem Fireblocks, terdaftar di Bappebti, dan mematuhi regulasi pemerintah untuk menjamin keamanan.

Apa itu Pintu Web3 Wallet?

Pintu Web3 Wallet adalah dompet kripto yang memudahkan pengelolaan aset crypto dan NFT, serta akses ke berbagai fitur DApp.

Apa manfaat Pintu Earn?

Pintu Earn memungkinkan pengguna mendapatkan keuntungan dari aset crypto yang disimpan, mirip dengan menabung.

Bagaimana cara mulai menggunakan Pintu?

Unduh aplikasi Pintu dari Play Store atau App Store, daftar akun, lakukan verifikasi email dan KYC, lalu mulai berinvestasi.

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Pintu silahkan mencari informasinya di Google Indonesia dengan keyword Review Pintu : All In One Crypto App Terbaik di Indonesia karena sudah banyak ulasan dari para blogger.